Bagian-Bagian Buku

SAMPUL DEPAN
Tertera judul buku, juga gambar atau foto yang menjelaskan isi buku tersebut. Di samping itu, cover depan juga berguna untuk melindungi buku itu sendiri. Sampul depan ada yang tipis (soft), ada pula yang tebal (hard).

HALAMAN JUDUL
Berisi pengulangan dari judul buku dan nama pengarangnya yang telah ada di sampul depan. Biasanya dicantumkan pula nama penerbit dan tahun terbit buku tersebut.

IMPRESIUM
Berisi berbagai data atau keterangan tentang jumlah halaman, ilustrasi, ukuran buku, nama penerbit, nama editor, nama penerjemah, tahun penerbitan, cetakan yang ke berapa, siapa pencetaknya, dan sebagainya.

DAFTAR ISI
Berisi susunan bab-bab yang ada di dalam buku secara keseluruhan.

KATA PENDAHULUAN
Sering pula disebut prakata atau foreword. Kata pendahuluan berisi garis besar isi buku dan diletakkan setelah kata pengantar. Kata pendahuluan ditulis agak mendalam, tetapi tidak sampai membocorkan isinya. Kata pendahuluan biasanya ditulis oleh si pengarang atau penulis buku.

KATA PENGANTAR
Sering sulit dibedakan dengan kata pendahuluan. Biasanya kata pengantar atau preface lebih berisi sapaan dari penulis ke pembaca, juga kadang tertera ucapan terima kasih kepada orang-orang atau pihak-pihak yang telah membantu si penulis dalam pembuatan buku. Kata pengantar juga bisa diisi oleh penerbit atau ahli untuk menerangkan isi buku.

PROLOG
Semacam kata pengantar yang dibuat oleh seseorang yang memahami hal tertentu.

PAGINA
Lembaran-lembaran atau halaman yang ada di dalam buku.

EPILOG
Semacam kata penutup yang ditulis untuk memberi kesan pada isi buku.

GLOSARIUM
Di dalam sebuah buku, sering terdapat istilah tertentu yang tidak kita pahami maksudnya. Istilah-istilah tersebut disatukan oleh penulis di dalam Glossary. Oleh karena itu, Glossary biasanya berisi daftar istilah dan penjelasannya.

DAFTAR INDEKS
Daftar indeks berisi daftar nama-nama orang atau nama-nama tempat yang terdapat dalam buku tersebut.

DAFTAR PUSTAKA
Berisi daftar referensi yang digunakan penulis atau pengarang dalam menulis sebuah buku. Hal ini sebagai bentuk dari tanggung jawab si penulis. Kalau tidak dicantumkan, bisa-bisa si penulis dituduh sebagai plagiat, menyontek tanpa menyebutkan sumbernya.

BIODATA PENULIS
Berisi riwayat singkat atau biodata si penulis atau pengarang agar pembaca dapat mengetahui secara ringkas tentang perjalanan hidup si penulis atau pengarang buku tersebut.

SAMPUL BELAKANG
Memuat cuplikan isi buku. Bisa juga berisi pendapat atau kesan orang-orang tertentu terhadap buku itu. Sampul belakang juga harus dibuat menarik agar calon pembaca mau membeli buku itu.

Sumber: Majalah Bobo No. 06 Thn. XXXVIII 20 Mei 2010